Selasa, 10 September 2019

Elon Musk : Pria Dibalik Masa Depan Yang Fantastis


REVIEW RECOMMENDED BOOK


Judul: ELON MUSK
Penulis : Ashlee Vance
Jumlah Halaman : 441
Tahun Terbit : 2015

Image result for buku musk

Siapa yang tidak mengenal Elon Musk?, pria yang saat ini sering disebut sebagai “Tony Stark” nya dunia nyata. Pria dibalik Fintech Paypal, mobil listrik TESLA, perusahaan roket antariksa SPACEX, dan perusahaan panel surya SOLARCITY. Elon telah berhasil mengubah dunia dengan berbagai ide gilanya. Sebagai salah satu penguasa Sillicon Valley kisah Elon ternyata sangat menarik untuk diikuti. Banyak kisah hidup yang jarang terungkap ke publik diungkapkan pada buku ini. Dengan membaca buku ini, saya semakin yakin bahwa memang Elon Musk adalah sosok yang “Gila” dan banyak hal yang dapat diteladani darinya.

Image result for elon musk
Elon Musk

Elon Musk lahir pada 1971, tumbuh di Pretoria, sebuah kota dari bagian timur laut Afrika Selatan yang berjarak hanya satu jam dari Johannesburg. Semasa kecil, ia dihantui oleh apartheid dimana sering terjadi ketegangan antara kulit putih dan kulit hitam di Afrika Selatan. Musk kecil pendiam, suka menyendiri dan cenderung menjadi kutu buku. Bukan hal yang aneh bagi Musk untuk membaca sepuluh jam per hari. Masa kecil Musk termasuk menyedihkan. Orang tuanya bercerai  dan ia ikut dengan ayahnya. Ia ditindas oleh teman sekolahnya karena sifatnya yang aneh. Elon termasuk anak yang jenius bahkan ia sanggup menyelesaikan matematika yang jauh di atas tahunnya. Satu-satunya yang membuat ia tidak mendapat peringkat tertinggi adalah ketidaktertarikannya pada tugas sekolah. “Aku lebih memilih bermain video game, menulis kode perangkat lunak, dan membaca buku daripada berusaha mendapatkan A jika tidak ada alasan tertentu untuk mendapatkan nilai A” ujar Musk
Image result for zip2 tesla, spacex
Perusahaan Elon Musk

Petualangan yang sebenarnya baru mulai ketika ia dan adiknya Kimbal pindah ke Amerika. Mereka mendirikan Zip2 yang membuat direktori dan mesin pencari yang berisi berbagai macam bisnis dan mengaitkannya dalam peta.Zip2 kemudian dijual dan ia mendirikan X.com yang merupakan cikal bakal PayPal. Dikarenakan cekcok, PayPal kemudian dibeli sebesar 1,5 miliar USD oleh eBay dan Musk mendapat 250 juta USD. Mimpi liarnya pun dimulai. Ia teringat dengan fantasi masa kecilnya mengenai roket dan luar angkasa. Musk mendirikan Space Exploration Technologies (SpaceX) pada Juni 2002 yang merevolusi industri penerbangan antariksa dunia. Musk melihat penerbangan antariksa sangat mahal, dan tidak berkembang. SpaceX merevolusi dengan membuat penerbangan antariksa yang murah dan roket yang dapat digunakan berulang-ulang. SpaceX menjadi ancaman bagi industri penerbangan lama seperti Boeing dan Lockheed Martin. Setelah melewati berbagai kegagalan, SpaceX akhirnya berhasil meluncurkan roket pertamanya Falcon 1. Ambisi terbesar Musk adalah mengirimkan koloni manusia pertama ke Mars pada 2025. Saat anda membaca ini, banyak orang yang sudah di training dan siap menjadi koloni pertama di Mars.

Musk memiliki ketertarikan dengan mobil listrik, ia berinvestasi sebesar 6,5 juta USD pada perusahaan mobil listrik Tesla Motors. Ia menjadi pemegang saham utama dan menjadi pemimpin perusahaan. Produk pertama Tesla adalah Roadster yang dihargai 90.00 USD dengan jangkauan 400 km untuk setiap pengisian ulang. Model S diluncurkan pada 2012 dan menjadi “Car of the Year” oleh motor trend. Tesla juga membangun stasiun pengisian ulang baterai yang bersumber dari tenaga matahari. Stasiun pengisian dikerjakan oleh SolarCity, perusahaan lain yang dimiliki oleh Musk. SolarCity merevolusi industri panel surya karena menawarkan panel surya dengan harga yang lebih murah dan dapat dikredit. SpaceX, Tesla dan Solar City menjadi medan terpadu Musk karena ketiga perusahaan tersebut saling berkaitan dalam mewujudkan ambisi Musk.

Image result for zip2 tesla, spacex

Ambisi Musk terbesar saat ini adalah mengirimkan koloni manusia pertama ke Mars pada 2025. Saat ini SpaceX telah melakukan ujicoba muatan pada Falcon 9 dan kapsul Dragon. Musk juga merencanakan peluncuran roket yang berisi satelit Wifi luar angkasa. Satelit akan digunakan untuk komunikasi antar planet. Ia juga merencanakan pembuatan Hyperloop, kapsul bawah tanah supercepat yang akan digunakan sebagai transportasi masal di Amerika. Musk rela mempertaruhkan segalanya demi ambisinya. Tidak sedikit orang yang pernah bekerja bersamanya menjulukinya”Gila” karena ambisi dan kerja kerasnya. Musk juga diprediksi akan menjadi orang terkaya di bumi saat ambisinya ke Mars berhasil pada 2025.

Melihat perjalanan hidup Musk, satu hal yang jarang diungkap adalah bagaimana kemampuannya untuk menahan rasa sakit. Masa kecil yang ditindas, pengkhianatan oleh anak buahnya, kerja keras tiada henti, kebangkrutan yang sempat menghantui SpaceX dan Tesla menjadi pembentuk sosok Musk saat ini. Ia bahkan berujar kalau bukan karena masa kecilnya yang penuh penderitaan ia tidak akan menjadi sosok seperti saat ini. Sehingga Musk sangat layak mendapatkan segalanya saat ini melihat penderitaan yang telah ia lewati dan kerja kerasnya selama ini

“Elon memiliki pemikiran rasional yang sangat tinggi. Dia bisa membuat keputusan yang sangat jelas dan bersifat jangka panjang. Semakin sulit keputusannya, semakin bagus hasil yang dia dapatkan. Setiap orang yang menyaksikan secara langsung apa yang dia alami akan menjadi lebih hormat pada pria tersebut. Aku benar-benar tidak pernah melihat sesuatu seperti kemampuannya dalam menahan rasa sakit”
-       - Ashlee Vance
Image result for tired musk






0 komentar:

Posting Komentar